Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna
komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia
dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan
yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara
interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
Dari
suatu ilmu pengetahuan tentang perspektif dari komputer, Maksud dari
interaksi dan secara rinci pada interaksi antara satu atau lebih manusia
dan satu atau lebih komputasi mesin. Yang menggontrol sebuah mesin
tersebut adalah seseorang, dengan menggunakan suatu program grafik
interaktip yang ada pada suatu stasiun kerja. Disini bisa kita lihat
bahwa ada bermacam-macam arti dengan apa yang dimaksud dengan interaksi,
manusia, dan mesin, Makanya, kita tidak mungkin untuk meniadakan bagian
dari Interaksi Manusia dan Komputer, meskipun demikian kita ingin
mengidentifikasi ruang lingkupnya, serta topik lain yang lebih umum
tenteng Interaksi Manusia dan Komputer.
Selanjutnya,
dalam berinteraksi dengan komputer, para pemakai pertama kali akan
berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk sampai pada isi yang
ingin disampaikan oleh perangkat lunak, pemakai dihadapkan terlebih
dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor,
mouse, joystick, dan lain-lain. Pemakai harus dapat mengoperasikan
seperangkat alat tersebut. Selanjutnya, pemakai akan berhadapan dengan
macam-macam tampilan menu, macam-macam perintah yang terdiri dari kata
atau kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete,
atau macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain yang
disebutkan di atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface
ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan
pemakai.
Sebab
Interaksi Manusia dan Komputer mempelajari antara suatu manusia dan
suatu mesin didalam sebuah komunikasi, yang mendukung pengetahuan dari
kedua-duanya antara sisi mesin dan sisi manusia. Pada sisi mesin, teknik
dalam komputer grafik, sistem operasi, bahasa programan, dan lingkungan
pengembangannya. Sedangkan pada sisi manusia antara lain, teori
komunikasi, disain industri dan grafis, linguistik, ilmu-ilmu sosial,
psikologi, dan tujuan manusia relevan. Dan tentu saja perancangan sistem
dan metoda lain yang sesuai.
Komputer
bisa mempengaruhi tingkah laku seseorang,baik itu disadari maupun tidak
disadari oleh seseorang tersebut. Ia telah membuat informasi lebih
mudah untuk diakses. Video game juga telah merubah perilaku seseorang
lebih dari apa pun. Anak-anak yang bermain video game terlalu berlebihan
mulai percaya bahwa apa yang ada didalam permainan itu adalah benar.
Beberapa orang menjadi kecanduan komputer sehingga mereka harus
menggunakannya setiap hari seperti obat. Komputer telah mengubah
kehidupan mereka sehingga mereka dapat menggunakannya sebanyak mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar